Jadi begini……

Bingung saya mulai dari mana..

Semenjak CEO Nokia dijabat oleh StephenElop, kebijakan Nokia berubah signifikan, perusahaan ini akhirnya menyatakan akan meninggalkan Symbian yang udah bertahun-tahun digunakan di hampir semua prduct line-up Nokia dan MeeGo, OS hasil kerja sama Nokia dan Intel yang sengaja dipersiapkan untuk menjegal iPhone.

Elop at Nokia's Espoo (Finland) HQ on Apr. 12 Photograph by Antonin Kratochvil

Kenapa Nokia meninggalkan dua OS tersebut dan beralih ke WP7..? Padahal WP7 itu hanya pemain kecil di dunia ponsel pintar, tercatat hanya mempunyai pangsa pasar sebesar 5,8% per bulan Mei 2011 worldwide.

Sebelum melangkah lebih lanjut, ini ada bahan bacaan menarik yang menjelaskan secara detail kenapa Nokia beralih ke WP7. Silakan dicek di sini

Iya tau, ada 7 halaman, tapi itu beneran bagus deh artikelnya. Apa? Bahasa Inggris semua? Iya emang bahasa Inggris, tapi ga susah kok buat dicerna, gampil laahh.. Ha? Apa? Males bacanya? Hadooohh, ya udah saya coba artikan secara singkat dalam bahasa Indonesia deehh.. Puaasss.. Puaaasss… -_____-‘

Baiklah..

Pasar smartphone Nokia yang tadinya sebesar 49% per tahun 2007 berkurang drastis menjadi hanya 25% di awal 2011. Penyebabnya tentu saja iPhone dan pasukan Android. Bener sih di segmen menengah ke bawah Nokia masih raja ponsel, benteng Nokia di India dan China masih kuat, tapi mulai tertembus barisan rapat rival Nokia, yaitu pemain lokal alias ponsel buatan China, dan juga serbuan Android murah meriah yang akhir-akhir ini bisa kita temui di pasaran.

Di kuartal kedua 2011, Stephen Elop mengumumkan bahwa tingkat penjualan Nokia jauh di bawah target. Harga saham Nokia melorot sampai level terendah sehingga ada rumor bahwa Microsoft akan mengakuisisi Nokia dengan tawaran sebesar $19 miliar. Namun Stephen Elop menyatakan berita itu adalah hoax.

Symbian Logo

Oke, yang menarik di sini adalah, kenapa Symbian ditinggalkan Nokia? Karena sedari awal Nokia tidak mampu mengembangkan Symbian sebagai platform OS yang user friendly dan less buggy. Ketika Google dan Apple mengembangkan OS-nya untuk dipersiapkan secara massal dan kompatibel di hampir semua handset, Nokia menganggap Symbian hanya sebagai pelengkap jajaran ponselnya, Nokia terlalu fokus terhadap fitur pada ponselnya dan kurang memperhatikan apa keinginan konsumen terhadap OS Symbian. Developer Symbian pun banyak mengeluh mengenai hal ini karena Symbian bukan merupakan OS yang mudah untuk digarap. Bad thing..

Tapi update terbaru Symbian yaitu ANNA dan BELLE ternyata mampu memberikan asa loh, walaupun asa itu tidak cukup banyak untuk menyelamatkan Symbian. Untuk ANNA dan BELLE ini mungkin akan saya bahas lain waktu..

So, that’s about Symbian. Bagaimana dengan MeeGo? Kenapa MeeGo juga ditinggalkan oleh Nokia? Padalah banyak sekali yang beranggapan bahwa MeeGo OS ini sangat menarik dan lebih baik dari WP7, bahkan Android OS.

Penasaran? Saya bahas di artikel selanjutnya ya. Kalo mau cepet lihat jawabannya silakan klik link di atas tadi, tapi ya itu, semua Bahasa Inggris 😛

Ciao..

 

 

Iklan